Selasa, 11 Oktober 2016

FUNGSI MANAJEMEN PT BNI Tbk

 PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
merupakan salah satu penyedia jasa perbankan terkemuka di Indonesia. BNI pertama kali didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 sebagai bank pertama yang dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia secara resmi. 
Debut pertama BNI sejak awal berdirinya dengan mengedarkan ORI (Oeang Republik Indonesia) yang merupakan alat pembayaran pertama yang resmi sejak tanggal 30 Oktober 1946. Hari tersebut sekarang diperingati sebagai Hari Keuangan Nasional, sedangkan hari berdirinya BNI tanggal 5 Juli diperingati sebagai Hari Bank Nasional. 
Peran BNI sebagai bank sirkulasi atau bank sentral mulai dibatasi oleh Pemerintah seiring dengan penunjukan bank warisan Belanda De Javsche Bank sebagai Bank Sentral sejak tahun 1949. Selanjutnya BNI diberikan hak sebagai bank devisa selain berperan sebagai bank pembangunan dengan memiliki akses transaksi langsung ke luar negeri. Status BNI kemudian berubah menjadi bank komersial milik pemerintah dengan penambahan modal yang dilakukan pada tahun 1955. Hal ini menjadikan pelayanan BNI berjalan semakin baik seiring dengan hadir-nya dukungan bagi sektor usaha nasional.


1. Fungsi Manajemen PT BNI Tbk

a. Planning
Perencanaan  Bank BNI bertujuan menurunkan tingkat ketidakpuasan dari gesekan pelanggan yang signifikan dan diharapkan meningkat ketika ekonomi membaik dan pemilik bisnis merasa yakin mereka bisa mendapatkan kredit atau layanan yang lebih baik di bank ini.
Bagaimana bankir bisnis individu dan manajer cabang meningkatkan peluang mempertahankan usaha kecil dan pemilik mereka sebagai pelanggan? Berikut adalah empat Strategi Pemasaran Bank BNI yang sukses.
Perencanaan Bank BNI yang pertama adalah Menarik Pelanggan dari bisnis yang kecil. Tenaga penjualan pada bank memiliki kesempatan terbesar ada di bank untuk menarik pelanggan bisnis yang kecil. Kuncinya adalah untuk menetapkan kriteria sekitar apa jenis usaha yang dijalankan klien. Bisnis apa yang cocok untuk produk dan layanan yang bank tawarkan?
Siapa yang akan mendapat manfaat besar dari nilai yang bank berikan? Bank harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan kemudian mengidentifikasi dan mengejar prospek yang sesuai dengan kriteria. Arahan sangat berguna dalam proses ini. Jika Anda bisa, mendapatkan diperkenalkan oleh seseorang calon pelanggan mengetahui dan menghormati .Perencanan Bank BNI berikutnya setelah mendapatkan pelanggan yang tepat adalah menggali dan benar-benar mempelajari apa yang membuat para nasabah tergerak dengan tujuan dan strategi keuangan mereka, rencana untuk masa depan mereka, tantangan yang mereka hadapi, dan lain-lain.
Selain itu perencanaan Bank BNI yang baik adalah menawarkan produk yang mengikat (misalnya pembayaran tagihan online) yang dapat digunakan oleh nasabah.perencanaan Bank BNI untuk menjamin kepuasan nasabah dilakukan dengan menghubungi nasabah untuk berterima kasih kepada mereka untuk bisnis mereka, bertanya tentang pengalaman mereka, dan memperkenalkan kontak kedua, seperti asisten penjualan, dalam bank

b.Organizing



Organisasi PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mempunyai struktur organisasi dengan pimpinan tertingginya yaitu Direktur Utama yang dibawahi beberapa bagian antara lain:
1.    Direktur Korporasi, terdiri dari:
a.    Divisi Korporasi
Mempunyai tugas :
1)   Menyusun dan melaksanakan program pemasaran tahunan untuk nasabah KPI yang sudah ditetapkan.
2)   Mengelola secara menyeluruh hubungan PT.Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dengan  nasabah KPI yang sudah ditetapkan.
3)   Membantu memecahkan masalah kredit macet dan kredit bermasalah.
b.    Divisi Teknologi Informasi
Mempunyai fungsi :
1)   Menyiapkan sistem otomatis yang akan digunakan oleh segenap unit PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
2)   Memberikan dukungan kepada seluruh unit organisasi dalam otomatisasi yang telah ditetapkan oleh direksi.
2.    Direktur Ritel, terdiri dari :
a.       Divisi Pemasaran Ritel.
Mempunyai tugas:
1)   Meningkatkan kualitas pemasaran bisnis retail banking PT. Bnak Negara Indonesia (Persero) Tbk.
2)   Meningkatkan skill dan product knowledge bagi para tenaga penjualan.
3)   Menyusun, melaksanakandan bertanggung jawab terhadap rencana kerja anggaran pendayagunaan teknologi dan informasi.

b.      Divisi Pengelolaan Bisnis Kartu.
Mempunyai fungsi:
1)   Merumuskan strategi pengembangan jaringan merchant PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
2)   Mengelola pengendalian ATM/POS PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sesuai standar sistem, prosedur dan kebijakan yang berlaku.
3)   Mengkaji dan mengembangkan produk kartu yang berorientasi pada pasar dan kebutuhan nasabah.
c.       Divisi Pembinaan Bisnis Ritel dan Menengah.
Mempunyai tugas:
1)   Memantau perkembangan kualitas dan resiko kredit menengah.
2)   Memantau ketaatan pelaksanaan sistem, kebijakan dan prosedur perkreditan.
3)   Memproses alokasi anggaran untuk unit operasional.
4)   Penyelidikan dan pengawasan terhadap kegiatan kantor wilayah dan cabang dalam negeri.
d.      Unit-unti Usaha Syariah.
Mempunyai tugas:
1)   Pengawasan dan penyelidikan terhadap kegiatan cabang syariah PT. Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk.
3.    Direktur Internasional, terdiri dari:
a.       Divisi Hubungan Investor dan Kesekretariatan.
Mempunyai tugas:
1)      Mengelola database kinerja perusahaan dan saham.
2)      Mengkoordinir penyusunan dan penerbitan report serat informasi lainnya.
3)      Menangani masalah kepegawaian, logistik dan pembukuan administrasi.
b.      Divisi Internasional.
Mempunyai tugas:
1)      Menyusun dan merumuskan tarif transaksi luar negeri.
2)      Mengelola pengadaan logistik cabang luar negeri.
3)      Menangani upaya dan pemalsuan dan penipuan untuk transaksi internasional banking.
4.    Direktur Treasuri. Terdiri dari:
a.         Divisi Treasuri.
Mempunyai tugas:
1)      Mengelola dana baik rupiah maupun valas.
2)      Memberikan pertimbangan kepada direksi mengenai keadaan posisi dana.
3)      Mengambil langkah-langkah dalam memperbaiki posisi asset yang liability.
b.      Divisi Investasi dan Jasa Keuangan (IKJ).
Mempunyai tugas:
1)      Mengelola jasa pelayanan Bank kepada nasabah individu.
2)      Mengelola pemasaran PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
3)      Mengelola penyelesaian transaksi jual beli.
c.       Divisi Sumber Daya Manusia.
Mempunyai fungsi:
1)      Mengelola kebijakan proses rekruitmen pegawai.
2)      Mengelola perpustakaan bagi peserta pelatihan dan pengembangan.
3)      Melaksanakan penelitian dan sensus pegawai.
5.    Direktur Pengendalian Resiko, terdiri dari:
a.       Divisi Pengendalian Keuangan (PKU)
Mempunyai tugas:
1)      Mengelola administrasi penyewaan peralatan teknologi informasi.
2)      Mengelola sistem informasi manajemen PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
3)      Menetapkan kebijakan dan sistem akuntansi transaksi rupiah dan valas, baik didalam maupun diluar negeri.
b.      Divisi Pengendalian Resiko
Mempunyai tugas:
1)      Mengendalikan ekspansi kredit berdasarkan alokasi segmen yang ditetapkan.
2)      Menangani penyelesaian klaim asuransi.
3)      Mengembangkan otomasi sistem informasi.
6.    Direktur Kepatuhan, terdiri dari:
a.       Divisi Perencanaan Strategis
Mempunyai tugas:
1)      Mengelola resume berita-berita aktual yang penting bagi penyusunan kebijaksanaan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
2)      Mengelola penelitian, analisis, dan proyeksi ekonomi makro (nasional dan internasional).
3)      Mengelola perencanaan dan pengembangan organisasi di PT. Bank Negara Indonesia (Persero)Tbk
b.      Divisi Hukum
Mempunyai tugas:
1)      Menyusun kebijakan / prosedur penanganan perkara perdata, tata usaha negara dan kepailitan serta penyelesaian kredit bermasalah atau kredit macet.
2)      Menyusun kebijakan / prosedur penanganan perkara pidana dan klaim.
3)      Melakukan penyelidikan kasus-kasus atas permintaan direksi.
c.       Divisi Umum.
Mempunyai tugas:
1)      Mengelola properti dan kelogistikan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dalam rangka menunjang kebutuhan unit-unit lain dilingkungan PT. Bank Negara Indoesia (Persero) Tbk.
2)      Merencanakan sistem kepropertian PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk sehingga properti PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dapat lebih berdaya guna.
7.    Satuan Pengawas Intern (SPI)
Mempunyai tugas:
1)      Membantu direksi dalam mengawasi jalannya unit  organisasi sesuai prosedur peraturan dan kebijakan direksi.
2)      Memberi pertimbangan-pertimbangan kepada direksi dalam pemutusan kasus-kasus kecurangan yang ditemukan pada unit organisasi.
3)      Membantu segenap organisasi dalam memperbaiki dan meluruskan kegiatan yang tidak sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang berlaku.
c. Directing 
     
Pengembangan SDM di Bank BNI ini merupakan bagian dari manajemen intern perusahaan. Sebagai bagian yang memberikan pengaruh besar pada perusahaan, hal ini pastinya tidak bisa dianggap sepele.
Itulah sebabnya, Bank BNI harus terus mempersiapkan generasi yang tangguh dan siap bereksplorasi dengan segala kemampuan yang dimiliki. Kemampuan yang dimiliki setiap SDM harus terus dikembangkan hingga kemampuan tersebut mampu memberikan kontribusi yang besar untuk perusahaan.
Tampaknya bank negara indonesia sangat sadar akan ketatnya persaingan yang ada. Bagaimanapun juga hal ini tidak bisa dianggap sepele hingga akhirnya mau tidak mau, maka siapapun yang ingin tetap eksis dan mendapat pengakuan dari masyarakat harus terus mengembangkan kemampuan SDM yang dimiliki.
Pengembangan SDM di Bank BNI merupakan salah satu langkah yang ditempuh untuk mewujudkan karyawan yang mempunyai integritas dan kemampuan yang tinggi. Dengan SDM yang bagus maka akan memberikan dampak positif untuk organisasi.
Metode yang ditempuh perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDM di Bank BNI adalah dengan menyusun strategi pengembangan pengembangan SDM itu sendiri.
Sumberdaya manusia merupakan salah satu faktor kunci keberhasilan untuk memenangkan persaingan dalam era globalisasi dan perdagangan bebas. Sebagai implikasi dari semakin meningkatnya tingkat persaingan, tuntutan sumberdaya manusia yang berkualitas semakin meningkat pula. Sehingga perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, yang antara lain dapat dilakukan dengan pelatihan dan pengembangan sumberdaya manusia. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, selanjutnya disebut Bank BNI, merupakan bank dengan aset terbesar di Indonesia.
Pada saat ini, Bank BNI telah beroperasi hampir di seluruh Indonesia, yang meliputi 483 kantor cabang dalam negeri, 6 kantor cabang luar negeri, 12 kantor wilayah dan 13.229 pegawai (Juni, 1996). Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank BNI telah memiliki komitmen yang cukup besar dalam kegiatan pelatihan dan pengembangan pegawai.      
d.Controlling 
      Audit Internal merupakan salah satu bentuk pengawasan yang ada di bank, yang dapat membantu dalam proses pencapaian tujuan. Fungsi ini membantu pihak manajemen dalam proses pengendalian internal operasional bank yang sangat rentan terhadap berbagai resiko tertentu. Bagi bank, audit internal ini merupakan proses yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dengan pengendalian internal pengelolaan kredit investasi. Hal ini dapat disebabkan karena pengendalian kredit investasi mempunyai tujuan agar resiko dalam pengelolaan kredit investasi dapat diminamalisir, sehingga tujuan kredit dapat tercapai baik dari segi keamanan (safety) maupun dari segi keuntungan (profitability) yang didapat dengan adanya pemberian kredit investasi tersebut.
       Secara umum, Pengendalian Internal merupakan rencana, metoda, prosedur, dan kebijakan yang didesain oleh manajemen untuk memberi jaminan yang memadai atas tercapainya efisiensi dan efektivitas operasional, kehandalan pelaporan keuangan, pengamanan terhadap aset, ketaatan/kepatuhan terhadap undang-undang, kebijakan dan peraturan lain.
Suatu pengendalian intern bisa dikatakan efektif apabila ketiga kategori tujuan perusahaan tersebut dapat dicapai, yaitu dengan kondisi :
a) Direksi dan manajemen mendapat pemahaman akan arah pencapaian tujuan perusahaan, dengan, meliputi pencapaian tujuan atau target perusahaan, termasuk juga kinerja, tingkat profitabilitas, dan keamanan sumberdaya (asset) perusahaan
b) Laporan Kuangan yang dipublikasikan adalah handal dan dapat dipercaya, yang meliputi laporan segmen maupun interim
c) Prosedur dan peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan sudah taati dan dipatuhi dengan semestinya

 Tujuan Pengendalian Intern Adalah Menjamin Manajemen Perusahaan Agar :
1. Tujuan perusahaan yang ditetapkan akan dapat dicapai.
2. Laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan dapat dipercaya.
3. Kegiatan perusahaan sejalan dengan hukum dan peraturan yang berlaku.

Pengendalian intern dapat mencegah kerugian atau pemborosan pengolahan sumber daya perusahaan. Pengendalian intern dapat menyediakan informasi tentang bagaimana menilai kinerja perusahaan dan manajemen perusahaan serta menyediakan informasi yang akan digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan.

 PENGHARGAAN


1. Best Issuer Award (Based on SPI) Visa dalam Visa Indonesia Bank Awards 2012
2. Best BPD Partnership Program Visa dalam Visa Indonesia Bank Awards 2012
3. Best Affinity Program Visa dalam Visa Indonesia Bank Awards 2012
4. 2nd Best SMS Banking; Commercial Bank MRI & Infobank dalam Banking service Excellence Awards 2012
5. Regular Banking - Domestic Banking Carre & Service Excellence dalam Service Quality Award 2012
6. Indonesia Service to Care Champhion 2012 MarkplusInsight dalam Indonesia Service to Care Champion 2012
7. 1st Winner in Category of Priority Banking based on Survey by lpsos SWA Magazine & lpsos dalam Consumer Banking Excellence Award
8. Top 100 Annual Reports Worldwide; ranking at #80 League of American Communications Professionals dalam 2011 Vision Awards Annual Report Competition
9. Best in House Annual Report – Bronze; Asia Pasific Region League of American Communications Professionals dalam 2011 Vision Awards Annual Report Competition
10. Special Category Best State-Owned Enterprise SBA id dalam Indonesia Sustainable Business Awards 2012
11. Most Favorite Leadership of The Year 2012 : Gatot M. Suwondo Indonesia Property & Bank Award VII dalam Most Favorite Leadership of The Year 2012
12. In Recognition of Winning the “Most Admired ASEAN Enterprise for Corporate Social Responsibility Large Company” ASEAN dalam Asean Business Awards 2012
13. Indonesia Green Company Achievement SWA Magazine dalam Indonesia Green Company Achievement 2012
14. Category Inovasi GCG BUMN Tbk Terbaik BUMN Track dalam Anugerah BUMN 2012
15. Most Admired ASEAN Enterprise for Employment Large Company ASEAN dalam Asean Business Awards 2012
16. ISO 9001:2008 – IT Operation Services oleh SGS Systems & Services Certification
17. ISO 9001:2008 – IT Security Management oleh SGS Systems & Services Certification
18. ISO 9001:2008 – Credit Card - Quality Management oleh PT Lloyd’s Register Indonesia
19. ISO 9001:2008 – ISO 9001:2008 Quality Management System on Trade Processing Center oleh SAI Global Australia


Source:


http://www.bni.co.id/id-id/tentangkami/strukturorganisasi/direktur.aspx
https://gemilangtrimeidhasari.wordpress.com/2009/11/14/peranan-audit-internal-di-dalam-menunjang-efektifitas-pengendalian-internal-pada-produk-bank-kredit-investasi-3/
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar